Panduan Implan Gigi Manchester pada Gigi Patah atau Patah

Kurang umum daripada sakit gigi tetapi gigi yang patah atau terkelupas adalah alasan yang cukup umum bagi seseorang untuk bergegas ke dokter gigi.

Selalu ada rasa takut harus kehilangan gigi saat patah. Apalagi jika itu adalah gigi depan, trauma emosional karena kehilangan gigi bisa lebih buruk daripada sakit gigi bagi sebagian orang.

Untungnya, berkat kedokteran gigi modern, seringkali ada prosedur untuk memperbaiki kerusakan dan mengembalikan gigi ke bentuk, fungsi, dan estetika aslinya.

Nah, ketika Anda menemui dokter gigi Anda tergantung pada tingkat dan sifat patah tulang, berbagai pilihan perawatan mungkin ditawarkan.

Dokter gigi mungkin perlu melakukan rontgen untuk menentukan keadaan akar dan kerusakan sekunder yang terkait. Juga diperlukan serangkaian pemeriksaan vitalitas gigi untuk menentukan keadaan saraf di dalamnya.

Misalnya, jika itu hanya sebuah chip kecil yang tidak melibatkan banyak kerusakan gigi, itu dapat dibangun ke bentuk aslinya dengan komposit yang merupakan bahan tambalan sewarna gigi. Ketersediaan shade dan tint yang luas akan memungkinkan dokter gigi Anda untuk menciptakan hasil yang alami.

Gigi dapat dilapis untuk memulihkan gigi yang retak sedang, tanpa kerusakan saraf sekalipun. Untuk veneer gigi dibuat sedikit kasar/dipersiapkan dan dibuat cetakan untuk dikirim ke laboratorium gigi, yang kemudian akan dibuat veneer untuk disemen oleh dokter gigi pada kunjungan berikutnya.

Sebagai alternatif, gigi mungkin memerlukan mahkota tergantung pada tingkat fraktur dan struktur gigi yang tersisa. Sekali lagi ini adalah prosedur dua kunjungan karena pekerjaan laboratorium terlibat.

Dengan veneer dan mahkota gigi diberikan restorasi sementara di sisi kursi sampai veneer/mahkota permanen fabrikasi laboratorium akhir dipasang.

Mungkin saraf di dalam gigi rusak, sekarat atau mati, dalam hal ini gigi perlu diisi akar sebelum dimahkotai.

Juga terkadang sulit untuk menentukan status vitalitas gigi yang rusak. Dokter gigi dalam skenario seperti itu mungkin menyarankan untuk melanjutkan restorasi dan mempertimbangkan perawatan saluran akar pada tahap selanjutnya jika diperlukan.

Demikian pula jika gigi belakang yang patah dapat direstorasi dengan penambalan (amalgam atau komposit), inlay atau mahkota tergantung pada tingkat kerusakan.

Inlay adalah tambalan buatan laboratorium yang pas di dalam gigi, sementara mahkota menutupi gigi dan menutupinya.

Ada kemungkinan gigi patah secara vertikal di sepanjang akarnya. Dalam kasus seperti itu biasanya disarankan untuk mencabut gigi dan menggantinya dengan gigi tiruan, jembatan atau implan yang sesuai dengan kondisi.

Jadi… pernah jatuh, jangan panik!! Pergi dan temui dokter gigi Anda karena ada berbagai cara untuk memulihkan gigi Anda dan secara kosmetik meningkatkan kerusakan yang terjadi. Itu selalu penting untuk mencari nasihat profesional yang memenuhi syarat jika Anda mengalami kecelakaan atau mengalami ketidaknyamanan gigi.

Jika Anda mengalami sakit gigi, segera kunjungi cara mengobati sakit gigi untuk menemukan pengobatan sakit gigi Anda yang terasa sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *