Peran Renang dalam Triathlon dan Manfaat Kesehatan Umum

Triathlon telah mendapatkan popularitas dalam beberapa tahun terakhir sebagai cara yang bagus untuk meningkatkan kebugaran secara menyeluruh. Berlari dan bersepeda, jika Anda tidak dilatih dengan benar, dapat menyebabkan ketegangan berulang dan akhirnya cedera, karena olahraga memfokuskan energi pada satu set otot hampir secara eksklusif. Dengan menggabungkan dua latihan dan berenang, Anda dapat membentuk setiap otot di tubuh Anda dan mengurangi risiko cedera. Berenang adalah sepertiga pertama dari semua triathlon. Jarak yang diharapkan bagi Anda untuk berenang sangat bervariasi tergantung pada ras Anda (mulai dari beberapa lap hingga 2,4 mil dalam perlombaan Ironman).

Renang memegang peran penting dalam latihan silang, tetapi juga bagus jika berdiri sendiri. Karena dapat dilakukan di kolam dengan kecepatan apa pun yang nyaman bagi peserta, berenang sangat bagus untuk segala usia, dari balita hingga pensiunan. Dan di atas manfaat kesehatan fisik yang tercantum di bawah ini, berenang memiliki sifat meditatif dan menenangkan.

Berenang membentuk otot, meningkatkan kondisi kardiovaskular, dan memberi Anda kapasitas paru-paru yang lebih kuat. Semuanya sambil melatih setiap kelompok otot di tubuh! Bagian terbaiknya adalah Anda dapat membakar jumlah kalori yang sama dalam 1 jam berenang seperti lari sejauh 6 mil pada jam yang sama, tanpa membebani sendi kaki dan tulang Anda. Fakta bahwa berenang adalah olahraga berisiko rendah adalah alasan utama popularitasnya di kalangan penggemar olahraga lansia. Studi terbaru menunjukkan bahwa berenang bahkan dapat menurunkan tekanan darah, yang sangat baik untuk kesehatan jantung dan mengurangi risiko stroke.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *